3 jenis limbah yang dapat dijadikan uang:

Bahan yang tidak mempunyai nilai harga yang biasa disebut limbah ternyata dapat didaur ulang sehingga limbah tersebut memiliki nilai harga jualnya kembali atau dengan kata lain dapat dijadikan uang. Berikut 5 jenis limbah yang dapat dijadikan uang:

1. Kayu

Orang Indonesia senang sekali membeli dan mengoleksi furnitur kayu agar isi rumah menjadi lebih cantik. Namun jika furnitur sudah terlihat tua, jangan asal dibuang! Alangkah lebih baik jika kita mendaur ulang furnitur tua tersebut, salah satunya dengan cara utama yang disebut refinishing. Dengan melakukan refinishing, furnitur yang sudah terkelupas akan tampak seperti baru lagi seusai pembersihan total, pengelupasan lapisan cat lama dan kemudian melakukan repainting dengan cat baru. Seusai melakukan proses refinishing, furnitur tersebut bisa kita jualkan secara online atau offline sehingga kita dapat menghasilkan tambahan uang dan isi rumah kita menjadi lebih leluasa tanpa harus membuang furnitur.

2. Kaca

Limbah kaca yang berupa serpihan kaca dapat didaur ulang menjadi sebuah kerajinan seperti plakat, vas bunga, bingkai foto, lampu hias yang selanjutnya juga dapat dijual kembali karena kerajinan dari limbah kaca tersebut kembali memiliki nilai jual yang tinggi. Bahkan produk kerajinan ini tidak hanya disukai oleh pasar domestik melainkan juga diminati oleh pasar ekspor.

3. Botol/plastik

Botol plastik bekas merupakan salah satu limbah plastik yang paling sering ditemukan di lingkungan sekitar. Tidak sedikit juga masyarakat Indonesia yang menjadikan botol plastik sebagai kerajinan tangan berupa celengan anak kecil, pot bunga kecil, dan tempat sampah. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia memiliki berbagai macam ide kreatif yang akhirnya dapat membantu mereka untuk memulai bisnis daur ulang yang dapat memberikan keuntungan tanpa harus mengeluarkan modal besar. Namun, selain kerajinan tangan terdapat cara lain agar masyarakat Indonesia dapat menghasilkan uang tanpa harus mengeluarkan modal apapun. Aplikasi eRecycle menjadi solusi untuk masyarakat Indonesia untuk melakukan daur ulang limbah plastik. Caranya adalah hanya dengan mengumpulkan botol plastik, tutup botol, tutup galon serta sedotan-sedotan bekas, selanjutnya jangan lupa download aplikasi eRecycle terlebih dahulu dan sign up, dengan itu kamu akan mendapatkan komisi hanya dengan menukarkan botol atau limbah plastik melalui aplikasi eRecycle. Oh iya, akan ada picker yang akan menjemput sampah-mu loh! Jadi kamu tidak perlu repot-repot keluar rumah. Praktis kan teman-teman eRecycle? 😉




1 thought on “3 jenis limbah yang dapat dijadikan uang:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *